Siklus Iklan Layanan Masyarakat Disebarluaskan Melalui Donasi Waktu Siaran
Monday, September 17, 2018
Edit
Oleh : Muhammad Rizki Mulyanudin (Ilmu Administrasi Publik Unpad 2017)
Abstraksi
Metode
Abstraksi
Objektif. Untuk
menyelidiki lamanya dan jangkauan televise iklan layanan
masyarakat (ILM) yang
dikembangkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit untuk Kehidupan:
Kampanye Aksi Kanker Kolorektal Nasional.
Metode
Airtime televisi
yang disumbangkan untuk Screen for Life ILM dilacak, dan tayangan (metrik penyiaran
untuk ukuran audiens) yang dihasilkan oleh ILM yang beredar ≥5 tahun dianalisis
pada tahun 2014. Sampel terdiri dari 8 ILM, termasuk ILM Inggris dan Spanyol,
ILM yang menampilkan selebriti, dan ILM didistribusikan beberapa kali setelah perilisan
pertama.
Hasil. Selama
tahun terakhir dari sirkulasi (5-9 tahun setelah rilis awal), setiap ILM menghasilkan 15,7 juta hingga 251,7 juta tayangan. Kesan
tahunan puncak dicapai paling lambat 9 tahun setelah rilis awal ILM. Ketika ILM didistribusikan kembali 2 tahun atau lebih setelah
distribusi sebelumnya, tayangan tahunan meningkat selama tahun sebelumnya
sebesar N20 juta di 80,0% dari instansi. Di antara ILM Inggris, mereka yang
menampilkan selebriti menghasilkan rata-rata tertinggi dan tayangan tahunan puncak.
Kesimpulan.
Penempatan donasi televisi ILM dapat menjadi strategi promosi kesehatan jangka panjang.
Redistribusi dapat meningkatkan lamanya eksistensi ILM, dan menampilkan selebritis, khususnya di ILM Bahasa Inggris, dapat memperluas jangkauan.
Pengantar
Televisi pengumuman layanan masyarakat (ILM) yang mengandalkan donasi waktu tayang telah banyak
digunakan untuk menyebarkan pesan promosi kesehatan di Amerika Serikat (Gantz
et al., 2008). Namun, permintaan penempatan media yang disumbangkan jauh
melebihi ketersediaan. Saat ini, penyiar AS tidak diwajibkan untuk menyiarkan
ILM. Sebaliknya, Komisi Komunikasi Federal (FCC) menginstruksikan mereka untuk
beroperasi dalam "kepentingan umum, kenyamanan dan kebutuhan," dan
banyak pilihan pemrograman dapat memenuhi persyaratan ini (Federal
Communications Commission, 2008). Sedikit yang diketahui tentang lamanya
eksistensi dan jangkauan dari
ILM televisi yang bergantung pada waktu siaran donasi.
Sejak
diluncurkan pada tahun 1999, Pusat Pengendalian Penyakit dan Pencegahan Screen
for Life: Kampanye Aksi Kanker Kolorektal Nasional (Pusat Pengendalian dan
Pencegahan Penyakit, 2015) telah menghasilkan ILM dalam bahasa Inggris dan Spanyol yang mendorong penyaringan kanker kolorektal untuk orang berusia 50 tahun ke atas. ILM layar untuk TV Seumur Hidup telah hadir.
Televisi screen for life telah disebarkan secara eksklusif melalui penempatan
media donasi. Untuk mempromosikan tayangan televisi televisi mereka, Screen for
Life menggunakan berbagai strategi, seperti menampilkan selebriti dan secara
berkala mendistribusikan ILM yang sudah beredar (Cooper et al., 2013). Studi saat ini menyelidiki
siklus hidup dari televisi layar untuk seumur hidup.
Metode
Penemuan ini terbatas untuk televise
screen for life yang beredar ≥ 5
tahun dan termasuk ILM Inggris dan Spanyol, ILM yang menampilkan selebriti, dan ILM didistribusikan beberapa kali setelah re-lease awal
mereka.
Screen for Life ILM secara ekstensif diuji dengan audiens
yang
telah ditarget, dan pesan
utamanya adalah bahwa pria dan wanita harus secara teratur disaring untuk kanker kolorektal dimulai dari usia 50 dan penyaringan yang membantu untuk
mencegah kanker kolorektal. Selebriti ditampilkan dalam
ILM menyumbangkan waktu mereka untuk kampanye, dan pilihan mereka didasarkan
pada berbagai faktor, termasuk hubungan pribadi mereka dengan kanker kolorektal
(Cooper et al., 2015).
Setiap ILM
yan telah dianalisis
didistribusikan dalam beberapa durasi yang berbeda, biasanya versi 30- dan 60 detik, tetapi juga versi 15
dan 20 detik dalam beberapa kasus. Rilis awal ILM yang dianalisis, serta redistribusi berikutnya, meliputi
pengiriman ke jaringan televisi nasional, 5.000 stasiun televisi afiliasi
jaringan dan lokal, serta sistem kabel nasional, regional, dan lokal. Sebelum
distribusi, setiap ILM dikodekan dengan sinyal elektronik yang unik. Ketika ILM ditayangkan, perangkat monitor di 210 pasar media AS
(The Nielsen Company, 2014) mencatat sinyal. Setiap diputar terkait dengan
perkiraan yang diberikan oleh Nielsen Company (New York, NY) dari tayangan atau
ukuran penonton selama waktu di mana ILM ditayangkan. Dengan demikian, tayangan secara agregat
mengacu pada perkiraan berapa kali pemirsa melihat ILM.
Deskripsi
Aktor Morgan
Freeman mendesak orang yang berusia 50 dan lebih tua untuk disaring, bahkan
jika mereka tidak memiliki gejala.
Kakek dan cucu
menikmati waktu bersama, sementara seorang penyiar menjelaskan bagaimana
skrining kanker kolorektal dapat menyelamatkan kehidupan kakek.
Sepasang suami
istri menjelaskan bagaimana skrining untuk kanker kolorektal dapat
menyelamatkan kehidupan suami dan mendorong orang lain untuk menjalani tes.
Aktris Diane
Keaton berbicara tentang kematian neneknya dari kanker kolorektal dan
menjelaskan bahwa kanker kolorektal dapat dicegah.
Aktor Jimmy
Smits mengungkapkan ia telah diperiksa untuk kanker kolorektal dan mendorong
pemirsa berusia 50 dan lebih tua untuk mengikuti teladannya.
Aktor Terrence
Howard membahas kematian ibunya dari kanker usus besar pada usia 56 tahun.
Tayangan tahunan
dihitung dalam interval 12 bulan dari setiap tanggal rilis PSA hingga Mei 2014.
Tayangan kumulatif dihitung dengan menjumlahkan tayangan tahunan. Tayangan
tahunan rata-rata dihitung dengan membagi tayangan kumulatif dengan jumlah
tahun di mana PSA telah beredar. Data dianalisis pada bulan Juli 2014.
HASIL
Selama tahun
terakhir dalam sirkulasi,
tayangan yang dihasilkan oleh masing-masing ILM berkisar antara 15,7 juta
(Gambar Kesehatan, Tahun 9) hingga 251,7 juta (Rosa y Carlos, Tahun 9) (Gambar
1). Kesan tahunan puncak berkisar dari 62,2 juta (Menjadi Ada, Tahun 6) hingga
368,2 juta (Penyaringan, Tahun 6), dan paling sering terjadi di Tahun 2 untuk
ILM selebriti (Gambar Kesehatan, Grammy Keaton, La Vida Real, dan Ini Pribadi)
(Tabel 1). Tidak ada konsistensi yang diamati pada waktu puncak tayangan
tahunan di antara ILM non-selebriti (Yang Ada, Tahun 6; Estando Alli, Tahun 3;
Rosa y Carlos, Tahun 9).
Secara
keseluruhan, redistribusi dikaitkan dengan peningkatan N10 juta dalam tayangan
tahunan dibandingkan tahun sebelumnya di 13 dari 20 instansi (65,0%). Ketika ILM didistribusi ulang 2 tahun atau lebih setelah distribusi
sebelumnya, tayangan tahunan meningkat N20 juta dalam 4 dari 5 instansi (80,0%). Redistribusi yang paling sukses terjadi ketika
The Screening diluncurkan kembali di Tahun 6 dan menerima penempatan berulang
pada saluran kabel nasional (tayangan tahunan meningkat 352,2 juta selama tahun
sebelumnya).
Keempat ILM berbahasa Inggris yang menampilkan selebritis, Picture
of Health, Grammy Keaton, The Screening, dan This Is Personal, mengungguli
satu-satunya ILM
Inggris non-selebritas, Being There, dalam hal rata-rata dan puncak tayangan
tahunan. Sebaliknya, ILM Spanyol dengan rata-rata tertinggi dan tayangan tahunan puncak, Rosa y
Carlos, tidak menampilkan status selebriti. Lebih lanjut, ILM Spanyol non-selebriti, Estando Alli, tampil sebanding
dalam hal tayangan tahunan rata-rata untuk La Vida Real, yang menampilkan aktor
Jimmy Smits.
Selebriti PSA,
Picture of Health, dan ILM non-selebriti, Being There, dirilis secara bersamaan dalam bahasa yang
sama hanya sekali selama periode dianalisis. Awalnya, Picture of Health, yang
menampilkan aktor Morgan Freeman, secara dramatis mengungguli Being There.
setelah redistribusi di Tahun ke
5, Being There melampaui Gambar Kesehatan dalam tayangan
tahunan dan sejak itu terus mengunggulinya. Namun, dalam hal tayangan
kumulatif, Picture of Health (586,3 juta) melampaui Being There (342,5 juta).
Diskusi
ILM Televisi dapat menjadi strategi promosi kesehatan jangka panjang.
Masing-masing ILM yang diteliti terus menghasilkan jutaan tayangan meskipun
telah beredar selama 5–9 tahun.
Mengingat tidak
adanya desain eksperimental dalam penelitian saat ini, tidak mungkin untuk
menarik kesimpulan pasti tentang kinerja relatif dari berbagai jenis ILM
dianalisis. Namun, beberapa tren dicatat yang mungkin diuji dalam studi masa
depan. Tayangan tahunan umumnya lebih tinggi setelah redistribusi ILM dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terutama ketika
redistribusi terjadi 2 tahun atau lebih lama setelah distribusi sebelumnya.
Selain itu, ILM
selebriti biasanya mencapai tayangan tahunan lebih awal daripada ILM
non-selebritas. Lebih lanjut, beberapa interaksi antara daya tarik selebriti
dan bahasa diamati — kehadiran selebriti dikaitkan dengan kinerja yang lebih
baik di antara ILM Inggris, tetapi tidak di antara ILM Spanyol.
ILM yang dianalisis diproduksi oleh kampanye nasional yang telah ditetapkan.
Dengan demikian, hasil ini mungkin tidak khas. Sementara penelitian ini
didasarkan pada siaran ILM terverifikasi, tayangan yang dihasilkan berasal dari perkiraan ukuran
audiens. Meskipun metrik yang berguna untuk membandingkan jangkauan relatif dan
lamanya
eksistensi ILM, tayangan tidak
boleh ditafsirkan sebagai proksi untuk penayangan atau retensi aktual. Ingatan
dunia nyata dari Screen for Life ILM belum diteliti dengan baik, tetapi survei nasional
menemukan bahwa 8,3% wanita berusia 50-75 tahun mengingat paparan Screen for
Life ILM yang menampilkan aktor Terrence Howard (Cooper et al.,
2015).
Ada bukti bahwa ILM dapat mempengaruhi perilaku penyaringan kanker kolorektal. Sebuah survei 2012 terhadap orang
dewasa AS berusia 50 tahun dan lebih tua menemukan bahwa iklan adalah sumber
utama kedua informasi skrining kanker kolorektal, setelah laporan berita, dan
bahwa kemungkinan partisipasi skrining meningkat terus dengan meningkatnya paparan
pesan promosi skrining (Cooper et al. , 2014).
Meskipun
pertumbuhan dalam pengalihan waktu dan tampilan online, televisi yang dijadwal
secara teratur tetap menjadi sumber utama konten video yang dihimpun oleh orang
dewasa AS (The Nielsen Company, 2013). Penelitian ini menunjukkan bahwa
televisi ILM
dapat mencapai kehidupan yang panjang. Meskipun airtime untuk menyebarkan ILM disumbangkan, ada biaya
signifikan yang terkait dengan pretesting, produksi, distribusi, dan pelacakan.
Namun demikian, investasi ini dapat menghasilkan pengembalian positif, jangka
panjang, yang dapat ditambah dengan redistribusi periodik dan menampilkan
ce-lebrities, khususnya di ILM Inggris.
Review
Dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002
tentang Penyiaran (UU Penyiaran), merupakan wujud peran serta masyarakat
berfungsi mewadahi aspirasi serta mewakili kepentingan masyarakat akan
penyiaran. Siaran iklan layanan masyarakat merupakan siaran iklan nonkomersial
yang disiarkan dengan tujuan memperkenalkan, memasyarakatkan, dan/atau
mempromosikan gagasan, cita-cita, anjuran, dan/atau pesan-pesan lainnya kepada
masyarakat. Dalam hal ini, terdapat perbedaan antara lembaga penyiaran milik AS
dan Indonesia dimana di AS tidak memiliki kewajiban untuk menyiarkan siaran iklan
layanan masyarakat tersebut.
Durasi penayangan di AS hanya berada di
kisaran 50-60 detik perhari. Berbeda dengan di Indonesia yang dapat mencapai
hinga 10% dari seluruh siaran per hari. Adapun materi yang dapat diangkat
antara lain:
·
Penyiaran Sehat
·
Persatuan Indonesia
·
Pembangunan Karakter bangsa
·
DLL.
Salah satu materi yang sering ditayangkan
di AS yaitu Penyiaran Sehat. Banyak Artis yang ikut berperan dalam ILM materi
tersebut dan memberikan dampak yang signifikan. Hal ini terjadi karena menurut
teori psikologi ekologi, teori behavior-setting (setting perilaku) yang
dipelopori oleh Robert Barker dan Alan Wicker. Premis utama teori ini organism
environment fit model yaitu kesesuaian antara rancangan lingkungan dengan
perilaku yang diakomodasikan dalam lingkungan tersebut. Artinya perilaku orang
dapat tersugesti oleh public figure yang berpengaruh dan diakui oleh lingkungan
sekitar.
Daftar Pustaka
Helmi,
A, F. (1999). Beberapa
Teori Psikologi Lingkungan. Buletin Psikologi, Volume
VII, No. 2
http://www.kpi.go.id/index.php/id/edaran-dan-sanksi/34051-edaran-untuk-seluruh-lembaga-penyiaran-tentang-iklan-layanan-masyarakat,
Dikutip tanggal 17 September 2018, Pukul 01.07